Didunia online shop sudah tak asing lagi dengan kata-kata hit and run. Gimana sih maksudnya hit and run??? Sebenarnya gak di online shop saja yang ada, tapi di offline juga ada ( pasar ). Hit and run itu kurang lebih begini :

  • Di offline ( pasar ) : jalan-jalan ke pasar, eh liat baju cakep, terus nanya ini berapa? sipenjual pun menjawab ” 50 ribu” (misalnya). terus sipembeli nawar gak bisa 40 ribu? lalu dikasih oleh penjual. nah, ini menurut saya sudah terjadi akad ya, karena sipembeli minta harga segitu terus dikasi penjual. tapi malah dengan santai pembeli bilang “ga jadi deh” sambil ngeloyor pergi >,<
  • Di online shop : ada seseorang inbox / sms kesalah satu online shop, “mbak mau order barang x 1pc, y 2pc,dan z 3pc, berapa totalnya? ohya ongkir ke kota a berapa?”. dan kemudian sipenjual pun balas inbox dengan menginfokan ongkir dan totalan plus no.rekening. sipembeli pun balas “ohya mbak hari ini saya transfer”. tapi eh tapi sudah berhari-hari tidak ada kabar dari sipembeli yang katanya mau transfer .

hit n run

Nah dari kejadian diatas, sebaiknya kalau memang tidak berniat membeli jangan bilang mau ini itu, nawar (seperti cerita dipasar tadi), giliran sudah dikasi harga yang sudah ditawar dengan santainya bilang ga jadi, apa salahnya bertanya dengan menggunakan kata-kata “maaf mau tanya dulu ini harganya berapa?”. kalau sudah nanya harga dan nawar berarti tandanya sudah ingin membeli kan?

Dalam kasus jualan online, giliran udah diinfoin totalan dan no rekening eh malah hilang alias kabur. cobalah menggunakan etika, kalau memang tidak jadi membeli sebaiknya diberi kabar kepada penjual jadi tidak kabur begitu saja. insyaAllah penjual pun maklum. tapiii, kalau memang dari awal tidak ada niat membeli sebaiknya jangan iseng mau order ini itu dan akhirnya kabur .