Kebanyakan orang cenderung merasa diserang saat mendapatkan kritik dari orang lain, sehingga terkadang memberikan reaksi berupa marah, sedih dan bahkan balik menyerang. Padahal tidak semua kritik bertujuan untuk menampilkan kelemahan kita, tapi lebih cenderung untuk memperbaiki kekurangan, supaya kita jauh lebih baik. Menerima bahwa kita dikritik adalah lebih sulit dari pada mengkritik orang lain, terkadang kita tidak menyadari bahwa diri kita sebenarnya masih banyak memiliki kekurangan. Orang yang sulit menerima kritik dari orang lain biasanya lebih menonjolkan sifat keegoannya, merasa diri paling sempurna dan lebih hebat dari orang yang mengkritiknya, padahal setiap orang adalah tidak sempurna pasti ada sisi kelebihan juga kekurangannya masing-masing.

kritik

Dibawah ini ada beberapa tips supaya kita bisa lebih legowo untuk menerima kritik, dan bagaimana supaya kritikan tersebut bermanfaat untuk kebaikan dan kita bisa memperbaiki kekurangan kita :

  • Tahan reaksi yang keluar => Jika reaksi yang keluar saat anda mendapat kritik adalah anda ingin menyerang kembali atau marah, maka cobalah untuk tahan. Berhentilah sejenak dan tariklah nafas. Jika perlu carilah udara segar di taman dan bertukar pikiranlah ke orang lain. Tenangkan hati dengan mendengarkan ayat-ayat Al-Quran dan mendengarkan ceramah yang bisa menenangkan hati anda. Apapun reaksi negatif yang anda ingin keluarkan, maka tahanlah dan alihkan.
  • Ubah yang negatif menjadi positif => Ubahlah pikiran negatif anda menjadi positif, carilah seribu cara untuk merubah pikiran anda yang negative menjadi positif. Jika anda mendapatkan kritik “Tulisan anda sangat membosankan” maka ubahlah kata tersebut menjadi “Saya perlu meningkatkan variasi dari tulisan saya, jika tulisan saya bagus, maka anda akan mendapatkan promosi dan salary yang lebih baik”.
  • Ucapkan terima kasih kepada yang memberi kritik => Walaupun anda mendapatkan kritik yang menyakitkan hati, cobalah untuk tersenyum dan bertrimakasih. Senyum akan menekan rasa emosi anda dan membuat anda sedikit santai.
  • Ingatlah bahwa anda tidak sempurna => Manusia di lahirkan dengan banyak ketidak sempurnaan, karena itu anda harus berani menerima kekurangan anda dan jadikan kritik sebagai sarana untuk menjadi manusia yang lebih baik.
  • Sesuatu yang anda dapat secara gratis adalah kritik => Pikirkanlah kritik seperti mendapatkan sesuatu yang gratis, saya yakin anda pasti menyukai barang-barang yang diberikan secara gratis.

Membiasakan diri untuk menerima kritik adalah tidak mudah, tapi jika anda bisa mengambil kritik ini menjadi sesuatu yang positif, anda akan menjadi manusia yang lebih baik.